Manfaatkan Lahan Sempit dengan Tanam Toga


Sekarang ini, terkadang sulit menemukan pekarangan luas di dekat rumah yang bisa digunakan untuk penghijauan. Ini karena harga tanah, apalagi di perkotaan, makin lama semakin mahal. Orang lebih memilih memanfaatkan lahan yang kosong untuk membangun rumah.
Akan tetapi kalau jeli, pada dasarnya bisa memanfaatkan sedikit lahan yang masih tersisa di sekitar rumah untuk dijadikan media tanaman. Bahkan, jika rumah telah tertutup dengan semen dan ubin semua pun, ternyata masih bisa bercocok tanam dengan menggunakan media pot.
Karena terbatasnya pohon yang bisa ditanam, tentunya harus selektif memilih tanaman yang baik untuk lingkungan sekaligus bermanfaat untuk penghuni rumah. Salah satu jenis tanaman yang bermanfaat untuk kita adalah jenis Tanaman Obat Keluarga (Toga).
“Untuk pengembangan dan pemanfaatan Toga tidak harus dengan menggunakan lahan yang luas. Dengan teknik penanaman tertentu, Toga bisa bisa ditanam hanya di dalam pot,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Sih Mahayanti, Senin (16/5/2016).
Dirinya mencontohkan, salah satu tanaman Toga yang dapat di tanam adalah kencur. Tidak hanya ditanam di lahan yang luas, kencur juga bisa dibudidayakan di dalam pot. Apalagi daun dan bunganya cantik.
“Jadi, tanaman ini sekaligus bisa dijadikan sebagai hiasan rumah,” ucapnya.
Sih mengimbau kepada warga Depok untuk lebih peduli dan menanam Toga di lahan pekarangan rumah masing-masing. Meskipun hanya di lahan sempit, tetapi apabila dimanfaatkan dengan menanam di dalam pot lahan yang sempit tersebut bisa lebih berguna dengan tanaman Toga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar